Selasa, 08 April 2014

TABEL PERKEMBANGAN JANIN DAN IBU HAMIL

Semua ibu pasti inggin yang dikandungnya selalu sehat. Salah satu indikator terbaik janin dalam keadaan sehat adalah dengan memperhatikan pertumbuhannya dalam kandungan, yaitu dengan dengan melihat berat badan ibu, dan berat badan ibu, dan berat serta tinggi badan janin.

Seberapapun kurus atau gemuknya badan ibu sebelum memasuki masa kehamilan, umumnya berat badan ibu tetap harus bertambah saat kehamilan.  Karena jika berat badan ibu tidak bertambah sesuai rata-rata, dikhawatirkan asupan gizi yang diberikan kepada janin belum cukup. Oleh karena itu, sangat dianjurkan selama masa kehamilan ibu mengkonsumsikan makanan sehat dan menghindari pola diet ketat yang bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Pertumbuhan setiap janin berbeda satu dengan yang lainnya. Tapi, kini telah tersedia berta dan tinggi rata-rata yang dapat dipergunakan sebagai acuan untuk melihat apakan calon bayi ibu tumbuh dengan sehat dalam kandungan.

Janin dengan berat normal sesuai usia kehamilan menandakan janin dalam keaadan sehat dan plasenta berfungsi dengan baik. Yang berarti bahwa masa kehamilan berjalan dengan lancar dan nutrisi ke janin dapat disalurkan tanpa hambatan
Selain pertambahan berat, bertambahan tinggi badan janin juga merupakan tanda janin berkembang dengan baik dalam kandungan
Tabel berikut ini adalah rata-rata yang dapat digunakan sebagai acuan, sementara pada prateknya masing-masing individual dapat memiliki hasil yang berbeda.

Tabel pertambahan berat badan ibu, pertambahan berat badan janin dan panjang janin sesuai dengan umur kehamilan.



Referensi :
1.Cunningham, et al 1985, Preterm and postterm  pregnancy and in appropriate fetal growth. Wlliam obstetric, vll, 745
2.Prof. Dr. Sarwirohardjo, 1981, pengawasan wanita hamil. Ilmu kebidanan, 11, hal. 125.
3.Bagian OBSGYN fakultas kedokteran padjajaran, kehamilan, obstetri fisiology, bab v, hal. 126.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar