Jumat, 18 April 2014

Perspektif Keperawatan Anak

A. Filosofi Keperawatan Anak
  • Filosofi kep.anak Adalah keyakinan/pandangan yg dimiliki perawat dlm memberikan pelay. Kep pd anak yg berfokus pada keluarga (family centered care), pencegahan thd trauma (atraumatic care) dan manajemen kasus.
Perawatan Berfokus pada Keluarga
  • Keluarga mrp unsur penting dalam perawatan anak, mengingat anak bagian dari klg
  • Kehidupan anak dapat ditentukan oleh lingk klg, utk itu kep anak harus mengenal keluarga sebagai tempat tinggal atau sebagai konstanta tetap dalam kehidupan anak (Wong, Perry, & Hockenberry, 2002)
  • Perawat hrs mampu memfasilitasi keluarga dlm brbagai btk pelay. Kesehatan baik berupa pemberian tindakan kep langsung maupun pemberian penkes pd anak
  • Perawat hendaknya berfokus pada keluarga, dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan (fasilitas kelg dlm merawat anak, tgkt pengetahuan, tgkt ekonomi, peran atau bentuk kelg itu sendiri) dijadikan acuan dalam pemberian pelayanan kep.
  • Kehidupan anak ditentukan oleh dukungan dr kelg dukungan kelg baik maka tumbang anak stabil, bila dukungan krg baik maka anak akn mglmi hambatan pd dirinya yg dpt mengganggu psikologis anak
  • Pemberian askep diperlukan keterlibatan kelg mengingat anak selalu membutuhkan ortu selama di RS (aktvts bermain, perawatan anak)
  • Bila anak ditinggal sendiri: cemas, stres, takut

Atraumatic Care
  • Atraumatic Care adalah perawatan yang tidak menimbulkan adanya trauma pada anak dan keluarga. 
  • Bbrp kasus yg srg dijumpai yg dpt menimbulkan trauma pd anak: cemas, nyeri, marah, dll
  • Atraumatic care sbg btk perawatan terapeutik dpt diberikan kpd anak & kelg dg mengurangi dampak psikologis dr tindakan kep yg diberikan  memperhatikan dampak tindakan dg melihat prosedur tindakan
 Prinsip atraumatic care:
  • Menurunkan atau mencegah dampak perpisahan dari klg.
  • Meningkatkan kemampuan ortu dlm mengontrol perawatan pada anak.
  • Mencegah atau mengurangi cedera dan nyeri (teknik mengurangi nyeri: distraksi, relaksasi, imaginary)
  • Tidak melakukan kekerasan pada anak.
  • Modifikasi lingkungan fisik meningkatkan keceriaan, perasaan aman, dan nyaman
Manajemen Kasus
  • Pengelolaan kasus secara komprehensif adalah bagian utama dlm pemberian askep secara utuh, melalui upaya pengkajian, penentuan diagnosis, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari berbagai kasus baik akut/kronis.
  • Anak memiliki kebutuhan yg spesifik dan berbeda satu dg yg lain
B. Prinsip- Prinsip Keperawatan Anak
  • Anak bukan miniatur orang dewasa tetapi sebagai individu yang unik tdk dilihat dr btk fisik saja ttpi kemampuan & kematanganny
  • Anak sebagai individu yang unik dan mempunyai kebutuhan sesuai dgn tahap perkembangan kebutuhan brbeda ant anak satu & yg lain, kebutuhan mliputi nutrisi, cairan, aktivitas, eliminasi, tidur, kebutuhan psikologis, spiritual dan sosial
  • Pelayanan keperawatan anak berorientasi pada upaya pencegahan penyakit dan peningkatan derajat kes, bukan hanya mengobati anak yang sakit  menurunkan angka kesakitan & kematian pd anak
  • Keperawatan anak merupakan disiplin ilmu kes yang berfokus pada kesejahteraan anak sehingga perawat bertanggung jawab secara komprehensif dalam memberikan asuhan kep. anak.
  • Praktik kep anak mencakup kontrak dengan anak dan klg untuk mencegah, mengkaji, mengintervensi, dan meningkatkan kesejahteraan hidup, dgn menggunakan proses kep yang sesuai dgn aspek moral (etik) dan hukum (legal).
  • Tujuan keperawatan anak dan remaja adl untuk meningkatkan maturasi atau kematangan yang sehat bagi anak dan remaja sebagai mahluk biopsikososial dan spiritual dalam konteks klg dan masy. 
  • Pada masa yang akan datang kecenderungan keperawatan anak berfokus pada ilmu tumbuh kembang, sebab ilmu tumbuh kembang ini akan mempelajari aspek kehidupan anak.
Paradigma Keperawatan Anak
  • Paradigma: landasan berpikir dlm penerapan ilmu kep. anak

Manusia
  • Anak adl individu yang berusia antara 0-18 tahun, dlm masa tumbuh kembang, dg kebutuhan yg spesifik (fisik, psikologis, sosial, dan spiritual) yang berbeda dgn orang dewasa.
  • Pembagian umur anak:
    1. Neonatus: 0-28 hari
    2. Infant: 1 bln -12 bln
    3. toddler: 1-3 tahun
    4. Pra sekolah: 3-6 tahun
    5. usia sekolah: 6-12 tahun
    6. remaja: 12-18 tahun
  • Anak adalah individu yang masih bergantung pada org dewasa dan lingk, artinya membutuhkan lingk yg dpt memfasilitasi dlm memenuhi kebutuhan dasarnya dan untuk belajar mandiri
Sehat-Sakit
  • Rentang sehat-sakit mrp batasan yg dpt diberikan bantuan pelayanan kep pd anak
  • Status kesehatan anak: sejahtera-sehat optimal-sehat-sakit-sakit kronis-meninggal
  • Rentang ini mrp suatu alat ukur dlm menilai status kesehatan yg bersifat dinamis dlm setiap wkt
Lingkungan
  • Lingkungan yang dimaksud adl lingk eksternal maupun internal yg berperan dlm perubahan status kes anak
  • Lingkungan internal seperti genetik, jenis kelamin, emosi
  • Lingkungan eksternal seperti status gizi, peran ortu, saudara, teman sebaya atau masyarakat 
Keperawatan
  • Bentuk pelayanan kep. yg diberikan kpd anak dlm mencapai tumbang scr optimal dg melibatkan keluarga
 Peran perawat dalam keperawatan anak
  • Pemberi perawatan
  • Sebagai advokat keluarga
  • Pencegahan penyakit
  • Pendidikan
  • Konseling
  • Kolaborasi
  • Pengambil keputusan etik\
  • Peneliti
 Lingkup Praktik Kep. Anak
  • Kebutuhan tumbang:
    1. Kebutuhan asuh: kebutuhan fisik yg hrs dipenuhi dlm proses tumbang, ex: kebut nutrisi, perawatan & pengobatan bila sakit, tempat perlindungan yg layak, pakaian, hygiene & sanitasi yg sehat, kesehatan jasmani & rekreasi, dll
    2. Kebutuhan asih: pemberian kasih sayang pd anak/memperbaiki psikologi anak. Bila kebutuhan ini terpenuhi akan meningkatkan ikatan kasih sayang yg erat (bounding) dan terciptanya basic trust (rasa percaya yg kuat)
    3. Kebutuhan asah: stimulasi mental perkembangan psikososial, kemandirian & kreativitas sesuai harapan/usia tumbang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar